Mengikuti sunnah dan ajaran nabi Muhammad SAW (1)

Mari kita sama-sama belajar Islam.

1. Dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash r.a. bahwasanya ada seseorang bertanya kepada Rasulullah saw. : " Bagaimanakah Islam yang baik itu ?".  Beliau menjawab : "Yaitu kamu memberi makanan, dan mengucapkan salam baik kepada orang yang telah kamu kenal maupun orang yang belum kamu kenal". (Riwayat Bukhari dan Muslim).

2. Dari Al Barra' bin ' Azib r.a. berkata : "Rasulullah saw. menyuruh kami untuk melaksanakan tujuh macam perbuatan yaitu : menjenguk orang sakit, mengiringkan jenazah, mendoakan orang yang bersin, menolong orang yang lemah, membantu orang yang teraniaya, menyebarluaskan salam, dan menepati sumpah". (Riwayat Bukhari dan Muslim)

3. Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda : "Kamu sekalian tidak akan masuk surga sebelum beriman, dan kamu sekalian tidaklah beriman sebelum saling sayang menyayangi. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang apabila kamu kerjakan niscaya kamu sekalian akan saling sayang menyayangi ? yaitu sebarluaskanlah salam diantara kamu sekalian". (Riwayat Muslim)

4. Dari Abu Yusuf' Abdullah bin Salam r.a. berkata : "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda : "Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam, berikanlah makanan, hubungkanlah tali persahabatan, dan shalatlah sewaktu orang-orang sedang tidur. Niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat". (Riwayat At Turmudzy)

Orang yang memberi salam disunnatkan untuk mengucapkan :
"Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh"
(Semoga kesejahteraan, rahmat, dan barakah Allah dilimpahkan kepadamu)

No comments: