Jika anda mendapat tugas dari perusahaan untuk memimpin sebuah tim yang bertugas untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau proyek tertentu. Dan anda masih bingung bagaimana memulai koordinasi dan memimpin tim yang akan anda pimpin. Berikut akan saya bagikan tips memimpin dan mengkoordinasikan tim kerja/proyek, yang mungkin bisa menjadi salah satu bahan referensi bagi anda, yuk disimak tipsnya :
1. Tekankan tentang kepentingan tujuan bersama, bukan kepentingan masing-masing individu
Jika dalam pelaksanaannya yang terjadi adalah penonjolan ego dan kepentingan masing-masing individu, bisa dipastikan arah kerja tim akan amburadul. Dan yang terjadi adalah konflik kepentingan individu antar anggota tim. Untuk itulah perlunya ditekankan pada setiap anggota tim bahwa dalam pelaksanaan kerja tim yang ditekankan adalah kepentingan tujuan bersama.
2. Perlunya untuk saling bekerja sama diantara anggota tim
Bila setiap anggota tim bekerja sendiri-sendiri maka hasil yang dicapai akan jauh dari memuaskan. Untuk itu perlu adanya koordinasi dan kerja sama diantara anggota tim
3. Memberikan kesempatan kepada setiap anggota tim untuk memberikan sumbangsih pikiran, pendapat, saran, dan gagasan.
Semakin banyak pendapat, gagasan, dan saran yang masuk, maka akan semakin baik. Alternatif pilihan dalam pengambilan keputusan akan semakin banyak. Memberikan kesempatan kepada setiap anggota tim untuk memberikan sumbangsih pikiran, pendapat, saran, dan gagasan akan membuat karyawan merasa lebih dihargai. Dan itu positif bagi sebuah tim.
4. Membina hubungan baik dengan anggota tim, dan membina hubungan baik antar sesama anggota tim
Membina hubungan baik dengan anggota tim, dan membina hubungan baik antar sesama anggota tim perlu untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi, dan meminimalkan terjadinya konflik yang dapat mengganggu pelaksanaan kerja tim.
5. Dukungan dari anggota tim dan partisipasi aktif mereka dalam setiap rapat tim dan proses pengambilan keputusan
Mendapat dukungan dari anggota tim akan lebih memudahkan ketua tim dalam melakukan koordinasi dan menjalankan program-programnya. Di samping itu keputusan yang mendapat dukungan anggota tim lebih mudah untuk diterapkan dan dilaksanakan sehingga hasil kinerja/pekerjaan lebih maksimal.
Demikian sedikit tambahan referensi bagi anda, semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment